Anda disini » Home » » Sistem Operasi

Sistem Operasi

Sebelum Membaca, Ayo Berbagi :

Analis Sistem

Analis sistem adalah profesi yang bagus untuk memulai karir di bidang IT. Pekerjaan sebagai analis sistem menawarkan tantangan kerja yang dinamis dan variatif. Analis sistem merupakan individu kunci dalam proses pengembangan sistem. Analis sistem mempelajari masalah dan kebutuhan dari organisasi untuk menentukan bagaimana orang, data, proses, komunikasi, dan teknologi informasi dapat meningkatkan pencapaian bisnis. Seorang analis sistem juga merupakan orang yang paling bertanggung jawab pada proses analis sistem dan perancangan sistem informasi. Tugas utama dari seorang analis sistem adalah menentukan bentuk sistem yang akan dibangun nantinya. Keputusan ini tidak mudah. Kesalahan menentukan format sistem yang akan dibangun akan berakibat pada gagalnya proyek yang dikerjakan. Oleh sebab itu seorang analis sistem yang sukses harus memiliki dan dibekali dengan beberapa keahlian spresifik, seperti:
  • Keahlian Analis
Keahlian analis diperlukan untuk memahami organisasi yang memerlukan sistem informasi yang akan dibangun. Keahlian analis digunakan untuk memetakan  permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan klieen yang bisa diselesaikan dengan sistem informasi dan yang tidak. Kemampuan analis juga diperlukan untuk memecahkan masalah yang telah ditemukan lagi menggunakan teknologi berbasis komputer. Keseluruhan aktifitas ini akan sangat terbantu dengan memandang organisasi sebagai suatu sistem. Dengan menganalisis komponen-komponennya maka seorang analis sistem akan lebih mudah memahami keseluruhan proses bisnis yang berjalan dan menemukan subsistem mana yang berindikasi mengalami masalah.

  • Keahlian Teknis
Tugas utama seorang analis adalah menentukan bentuk sistem terkomputerisasi seperti apa yang dapat menyelesaikan masalah perusahaan atau organisasi klien. Karena permasalah yang ditemukan harus diselesaikan dengan teknologi komputer maka keahlian teknis yang dibutuhkan adalah penguasaan teknologi perangkat lunak maupun perangkat keras. Seorang analis sistem dituntut untuk mengenald an menguasi perangkat lunak maupun perangkat keras terbaru, serta mengetahui keunggulsn maupun batasan dari teknologi-teknologi tersebut. Hal ini akan sangat membantu analis dalam memilih teknologi yang tepat untuk keperluan klien yang sangat spesifik. Keahlian teknis dapat diperoleh dari pendidikan formal, pelatihan khusus, maupun jam terbang yang lama dalam mengembangkan proyek sistem informasi.
  • Keahlian Manajerial
Salah satu tugas analis sistem adalah menjadi tangan kanan manajer sistem informasi dalam mengatur sumber daya proyek yang berskala kecil. Analis sitem bertanggung jawab mengatur sumber daya yang dibawah kendalinya, seperti programmer dan teknisi. Pengalokasian tugas yang tepat sangat berpengaruh pada cepat lambatnya penyelesaian proyek. Analis sistem juga harus mempu memprediksi resiko dan perubahan faktor-faktor eksternal seperti kenaikkan harga perangkat keras, perubahan kebutuhan klien, munculnya produk pesaing, dan lain-lain.
  • Interpersonal Skills
Analis sitem adalah pihak yang berkomunikasi aktif keluar dengan klien maupun ke dalam dengan stakeholder yang lain. Keahliat berkomunikasi sangat diperlukan untuk menjaring informasi yang akurat tentang masalah yang ada pada klien. Kadang-kadang ada beberapa jenis klien yang tertutup atau kurang memahami proses bisnisnya sendiri. Disinilah kemampuan berkomunikasi dari analis sistem sangat menentukan keberhasilan identifikasi masalah. Komunikasi juga diperlukan untuk mempresentasikan pekerjaan dari analis maupun stakeholder lain yang perlu diketahui oleh pengguna. Komunikasi juga diperlukan untuk koordinasi dan instruksi dengan stakeholder yang lain. Dengan menjalin komunikasi secara efektif dengan stakeholder yang lain, perkembangan proyek selalu dapat diketahui, perubahan-perubahan terbaru bisa dimonitor dan direspons.
Adapun hal-hal tanggung jawab dari seorang analis sitem meliputi:
  1. Pengambilan data yang efektif dari sumber bisnis.
  2. Aliran data menuju ke komputer.
  3. Pemrosesan dan penyimpanan data dengan komputer.
  4. Aliran dari informasi yang berguna kembali ke proses bisnis dan penggunanya.
Demikianlah sekilas tentang Analis Sistem. Semoga bermanfaat bagi kawan-kawan semuanya.
Referensi dari : Hanif Al Fatta, M. Kom, “Analisis & Perancangan Sistem Informasi” tahun 2007.

Attention
PLEASE ATTENTION !

Untuk memperbaiki dan mengembangkan web ini menjadi lebih baik, mari bersama - sama kita bangun, caranya? Apabila kamu menemukan link yang mati/sudah tidak berfungsi atau gambar yang sudah tidak muncul/expire, silahkan hubungi kami disini. Laporan anda sangat berpengaruh pada perkembangan blog ini.Tanks atas perhatiannya thanks

GET UPDATE VIA EMAIL
Dapatkan kiriman artikel yang terbaru
Dari Kami langsung ke email anda!

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar, kritikan atau saran anda mengenai artikel di Atas Komentar yang tidak sesuai topik, SPAM, Penghinaan, dsb terpaksa akan saya hapus ! Tanks be 4,,.

 

Copyright ©2012.